Senin, 01 April 2013

RINGKASAN

Perangkat lunak adalah seluruh perintah yang digunakan untuk memproses informasi
o Program adalah kumpulan perintah yang dimengerti oleh komputer 
o Prosedur adalah perintah yang dibutuhkan oleh pengguna dalam memproses informasi

RPL adalah suatu disiplin ilmu yang membahas semua aspekproduksi perangkat lunak, mulai dari tahap awal yaitu analisa kebutuhan pengguna, menentukan spesifikasi dari kebutuhan pengguna, disain, pengkodean, pengujian sampai pemeliharaan sistem setelah digunakan.

Tujuan RPL adalah menghasilkan perangkat lunak dengan kinerja tinggi, tepat waktu, berbiaya rendah, dan multiplatform.

RPL merupakan sub bidang ilmu komputer yang dalam penerapannya membutuhkan dukungan baik dari sub bidang ilmu komputer lainnya maupun bidang-bidang ilmu lain.

Sertifikasi untuk bidang RPL belum tersedia, namun mengacu pada bidang Programmer

Masalah (problem) adalah perbedaan antara kondisi yang terjadi dan kondisi yang diharapkan dan Gejala adalah tanda/petunjuk terjadinya suatu masalah.

Tipe-tipe masalah :
O Masalah pemenuhan standar
O Masalah pemilihan alternatif
O Masalah pemenuhan kepuasan konsumen
O Masalah pencapaian tujuan

Pemecahan masalah adalah sebuah proses dimana suatu situasi diamati kemudian bila ditemukan ada masalah dibuat penyelesaiannya dengan cara menentukan masalah, mengurangi atau menghilangkan masalah atau mencegah masalah tersebut terjadi.

Tahapan utama pemecahan masalah :
O Memahami dan mendefinisikan masalah
O Membuat rencana untuk pemecahan masalah
O Merancang dan menerapkan rencana untuk memperoleh cara penyelesaian
O Memeriksa dan menyampaikan hasil dari pemecahan masalah


Model-model rekayasa perangkat lunak pada umumnya mengacu pada model proses pengembangan sistem yang disebut System Development Life Cycle (SDLC).

Model pengembangan perangkat lunak yang sekarang umum digunakan  Adalah The Waterfall Model, Prototyping, dan Unified Process (UP).

Tahapan-tahapan utama dalam rekayasa perangkat lunak meliputi :
analisis, disain, konstruksi, pengujian dan perawatan.

Elektronika adalah ilmu yang mempelajari alat listrik arus lemah yang dioperasikan dengan cara mengontrol aliran elektron atau partikel bermuatan listrik.

Elemen penting dalam teori kelistrikan adalah muatan listrik (Q), hambatan (R), tegangan (V) dan arus (I).

Elektronika digital adalah sistem elektronik yang menggunakan signal digital dan tersusun dari apa yang disebut sebagai gerbang logika.

Gerbang logika adalah blok-blok penyusun dari perangkat keras elektronik.

Ada tiga bentuk dasar dari tabel kebenaran dan gerban logika yaitu AND, OR, dan NOT.

Selain itu dikenal juga bentuk turunan yaitu NAND, NOR, dan XOR.

Komputer  adalah alat pengolah data elektronik yang bekerja dandikontrol oleh sekumpulan instruksi (program).  

Sistem komputer  adalah kumpulan elemen-elemen yaitu manusia, perangkat keras, dan perangkat lunak yang saling berinteraksi untuk mencapai tujuan yaitu mendapatkan informasi yang berguna, kemudahan dalam bekerja, kecepatan dan tujuan lainnya.

Ada tiga komponen utama dalam sistem komputer yaitu manusia sebagai pengguna, perangkat keras dan perangkat lunak.

Sistem Operasi  adalah perangkat lunak yang bertugas mengelola  penggunaan sumberdaya dalam komputer dan menyediakan antarmuka bagi pengguna untuk mengakses sumberdaya tersebut.

Fungsi-fungsi system operasi adalah sebagai antar muka pengguna, manajemen memori, manajemen file, manajemen proses dan manajemen input/output

Fungsi utama BIOS (Basic Input/Output System) adalah untuk mengidentifikasi dan mengenali perangkat keras komputer.

Ada beberapa sistem operasi yang dikenal yaitu DOS, Windows, Mac OS, UNIX dan Linux.

Setiap sistem operasi yang akan dijalankan harus diinstal terlebih dahulu. Sistem operasi dapat menggunakan perintah berbasis teks atau GUI tergantung pada konfigurasi dan fasilitas yang dipunyai oleh system operasi tersebut.

Variabel adalah tempat dimana kita dapat mengisi atau  mengosongkan nilainya dan memanggil kembali apabila dibutuhkan.  Setiap variabel akan mempunyai nama ( identifier) dan nilai.

Konstanta adalah variabel yang nilai datanya bersifat tetap dan tidak bisa diubah.

Tipe data adalah jenis data yang dapat diolah oleh komputer untuk memenuhi kebutuhan dalam pemrograman komputer.

Tipe data dapat dikelompokkan menjadi tipe data primitive dan tipe data composite.

Tipe data primitive terdiri dari numeric, character, dan bolean.  Sedangkan tipe data composite terdiri dari array, record/struct, image, date time, subrange , enumerasi, obyek dan variant.

Algoritma adalah urutan langkah-langkah logis penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis.

Algoritma harus benar danharus berhenti.  Setelah berhenti, algoritma memberikan hasil yang
benar.

Algoritma dapat ditulis dengan cara Structured English, Pseudocode Dan Flowchart.

Struktur berurutan terdiri satu atau lebih instruksi.  Tiap instruksi dikerjakan secara berurutan sesuai dengan urutan penulisannya.

Pada struktur percabangan, program akan berpindah urutan pelaksanaan jika suatu kondisi yang disyaratkan dipenuhi.

Struktur pengulangan terdiri dari dari kondisi pengulangan dan badan pengulangan dan dapat dilakukan dengan For dan While.
Posted by Unknown On 16.29.00 No comments

0 komentar:

Posting Komentar

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube