RINGKASAN
Perangkat lunak adalah
seluruh perintah yang digunakan untuk memproses
informasi
o Program adalah kumpulan perintah yang dimengerti oleh komputer
o Prosedur adalah perintah yang dibutuhkan oleh pengguna dalam
memproses informasi
RPL adalah suatu disiplin ilmu yang membahas semua aspekproduksi
perangkat lunak, mulai dari tahap awal yaitu analisa kebutuhan
pengguna, menentukan spesifikasi dari kebutuhan pengguna,
disain, pengkodean, pengujian sampai pemeliharaan sistem
setelah digunakan.
Tujuan RPL adalah menghasilkan perangkat lunak dengan kinerja tinggi,
tepat waktu, berbiaya
rendah, dan multiplatform.
RPL merupakan sub bidang ilmu komputer yang dalam penerapannya
membutuhkan dukungan baik dari sub bidang ilmu komputer
lainnya maupun bidang-bidang ilmu lain.
Sertifikasi untuk bidang RPL belum tersedia, namun mengacu pada bidang
Programmer
Masalah (problem) adalah
perbedaan antara kondisi yang terjadi dan kondisi yang diharapkan dan Gejala
adalah tanda/petunjuk terjadinya suatu masalah.
Tipe-tipe masalah :
O Masalah pemenuhan standar
O Masalah pemilihan alternatif
O Masalah pemenuhan kepuasan konsumen
O Masalah pencapaian tujuan
Pemecahan masalah adalah
sebuah proses dimana suatu situasi diamati kemudian bila
ditemukan ada masalah dibuat penyelesaiannya dengan cara
menentukan masalah, mengurangi atau menghilangkan
masalah atau mencegah masalah tersebut terjadi.
Tahapan utama pemecahan masalah :
O Memahami dan mendefinisikan masalah
O Membuat rencana untuk pemecahan masalah
O Merancang dan menerapkan rencana untuk memperoleh cara
penyelesaian
O Memeriksa dan menyampaikan hasil dari pemecahan masalah
Model-model rekayasa perangkat lunak pada umumnya mengacu pada model
proses pengembangan sistem yang disebut System
Development Life Cycle (SDLC).
Model pengembangan perangkat lunak yang sekarang umum digunakan Adalah
The Waterfall Model, Prototyping, dan Unified Process (UP).
Tahapan-tahapan utama dalam rekayasa perangkat lunak meliputi :
analisis, disain, konstruksi, pengujian dan perawatan.
Elektronika adalah ilmu yang mempelajari alat listrik arus lemah yang
dioperasikan dengan cara mengontrol aliran elektron atau partikel
bermuatan listrik.
Elemen penting dalam teori kelistrikan adalah muatan listrik (Q), hambatan
(R), tegangan (V) dan arus (I).
Elektronika digital adalah sistem elektronik yang menggunakan signal
digital dan tersusun dari apa yang disebut sebagai gerbang logika.
Gerbang logika adalah blok-blok penyusun dari perangkat keras elektronik.
Ada tiga bentuk dasar dari tabel kebenaran dan gerban logika yaitu AND,
OR, dan NOT.
Selain itu dikenal juga bentuk turunan yaitu NAND,
NOR, dan XOR.
Komputer adalah alat
pengolah data elektronik yang bekerja dandikontrol oleh sekumpulan instruksi
(program).
Sistem komputer adalah
kumpulan elemen-elemen yaitu manusia, perangkat
keras, dan perangkat lunak yang saling berinteraksi untuk mencapai
tujuan yaitu mendapatkan informasi yang berguna, kemudahan
dalam bekerja, kecepatan dan tujuan lainnya.
Ada tiga komponen utama dalam sistem komputer yaitu manusia sebagai
pengguna, perangkat keras dan perangkat lunak.
Sistem Operasi adalah
perangkat lunak yang bertugas mengelola penggunaan sumberdaya dalam komputer dan menyediakan antarmuka
bagi pengguna untuk mengakses sumberdaya tersebut.
Fungsi-fungsi system operasi adalah sebagai antar muka pengguna, manajemen
memori, manajemen file, manajemen proses dan manajemen
input/output
Fungsi utama BIOS (Basic Input/Output System) adalah untuk mengidentifikasi
dan mengenali perangkat keras komputer.
Ada beberapa sistem operasi yang dikenal yaitu DOS, Windows, Mac OS,
UNIX dan Linux.
Setiap sistem operasi yang akan dijalankan harus diinstal terlebih dahulu. Sistem
operasi dapat menggunakan perintah berbasis teks atau GUI tergantung
pada konfigurasi dan fasilitas yang dipunyai oleh system operasi
tersebut.
Variabel adalah tempat dimana kita dapat mengisi atau mengosongkan nilainya dan memanggil kembali apabila dibutuhkan. Setiap variabel akan mempunyai nama ( identifier)
dan nilai.
Konstanta adalah variabel yang nilai datanya bersifat tetap dan tidak
bisa diubah.
Tipe data adalah jenis data yang dapat diolah oleh komputer untuk memenuhi
kebutuhan dalam pemrograman komputer.
Tipe data dapat dikelompokkan menjadi tipe data primitive dan tipe data
composite.
Tipe data
primitive terdiri dari numeric, character, dan bolean. Sedangkan tipe data composite terdiri dari
array, record/struct, image, date time, subrange ,
enumerasi, obyek dan variant.
Algoritma adalah urutan langkah-langkah logis penyelesaian masalah
yang disusun secara sistematis.
Algoritma harus benar danharus berhenti. Setelah berhenti, algoritma memberikan hasil
yang
benar.
Algoritma dapat ditulis dengan cara Structured
English, Pseudocode
Dan Flowchart.
Struktur berurutan terdiri satu atau lebih instruksi. Tiap instruksi dikerjakan
secara berurutan sesuai dengan urutan penulisannya.
Pada struktur percabangan, program akan berpindah urutan pelaksanaan
jika suatu kondisi yang disyaratkan dipenuhi.
Struktur pengulangan terdiri dari dari kondisi pengulangan dan badan
pengulangan dan dapat dilakukan dengan For dan
While.
0 komentar:
Posting Komentar