Minggu, 10 Juli 2011

Sebagai informasi, virus ini akan menyebar menggunakan Removable media (USB Flash) dengan memanfaatkan fitur autorun Windows. Agar virus dapat aktif secara otomatis, ia akan membuat file autorun.inf, selain itu ia akan membuat 4 (empat) buah file shortcut dengan nama ”Copy of Shortcut to (1).lnk” s/d “Copy of Shortcut to (4).lnk”. Jika user menjalankan salah satu ke 4 file shortcut tadi maka secara otomatis akan menjalankan file virus yang sudah dipersiapkan di direktori [%USB Flash%:\RECYCLER\%nama_acak%.exe].
Virus ini juga akan menginjeksi file yang mempunyai ekstensi EXE, setiap file EXE yang terinjeksi akan mempunyai ukuran 107 KB lebih besar dari ukuran asalnya. Pada saat menjalankan file EXE yang sudah terinjeksi maka virus akan membuat file duplikat yang di simpan di direktori sama dengan format %nama_file_asal%mgr.exe (contohnya: jika user menjalankan file yang sudah di injeksi dengan nama ”ATF-Cleaner.exe” maka akan muncul file duplikat virus dengan nama ”ATF-Cleanermgr.exe” dengan ukuran 105 kb, file duplikat ini dideteksi sebagai Trojan.Packed.21232.
Pada saat user menjalankan file tersebut, virus akan melakukan sinkronisasi ke beberapa alamat IP yang sudah dipersiapkan untuk mendownload file atau virus lain untuk dijalankan di komputer target. File yang di download akan mempunya nama file dan ukuran yang berbeda-beda, jadi antara komputer target yang satu dengan yang lain akan mempunyai nama file induk yang berbeda-beda.
Berikut beberapa contoh file induk Win32.Siggen.8
* C:\WINDOWS\Temp\dbww\setup.exe
* C:\Documents and Settings\%user%\Application Data
· %xx%.exe, dimana %xx% adalah acak
* C:\Documents and Settings\%user%\Local Settings\Temp\%xx%.exe dan %yy%.dll
Catatan: %xx% dan %yy% ini berbeda-beda, contohnya : Nh0.exe, Nh1.exe, Nh2.exe, Nhz.exe dengan menggunakan icon “Adobe Player Setup” dengan ukuran yang berbeda-beda (lihat gambar 8)
File ini di deteksi oleh Dr.Web anti-virus sebagai Win32.Siggen.8
* C:\Documents and Settings\%user%\Start Menu\Programs\Startup
· %xx%.exe, dimana %xx% adalah acak (terdeteksi sebagai Trojan.Packed.21232)
* C:\WINDOWS\Nzazab.exe, Nzazaa.exe, Explorermgr.exe
Catatan: %xx% ini berbeda-beda, contohnya : [Nzazaa.exe dan Nzazab.exe] dengan menggunakan icon “Adobe Player Setup” dengan ukuran yang berbeda-beda (dikenali sebagai Win32.Siggen.8) dan file [Explorermgr.exe] yang merupakan duplikasi file [Explorer.exe] dengan ukuran 105 KB, file ini akan mempunyai icon folder (Trojan.packed.21232) (lihat gambar 9)
* C:\Windows\task\%acak%.job
Berupa 3 (tiga) buah file yang digunakan untuk menjalankan file virus yang sudah dipersiapkan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.
* C:\Windows\System32\ms.dll (Trojan.Starter.1602)
* C:\Windows\System32\dll (Trojan.Hottrend.34)
* C:\Windows\System32\sshnas21.dll (Trojan.Packed.21232)
* C:\Windows\System32\Cheuehyld.dll Trojan.Packed.21232
Setelah ia berhasil menginfeksi komputer, langkah selanjutnya adalah mengifeksi file [C:\Windows\Explorer.exe dan C:\Windows\System32\Winlogon]. Pada saat user menjalankan file [Explorer.exe] maka ia akan membuat file duplikasi yang akan di simpan di direktori sama dengan nama [Explorermgr.exe] dengan ukuran 105 KB. File [Explorermgr.exe] inilah yang nantinya dijadikan sebagai senjata agar dirinya dapat aktif secara otomatis setiap kali user melakukan klik kanan pada file/folder/drive, pada saat melakukan double click USB Flash atau pada saat user menjalankan file [Explorer.exe]. Setelah berhasil menjalankan aksinya, ia akan memanggil file induk lainnya yang ditugaskan untuk aktif di memori, untuk mengelabui user ia kemudian akan memanggil aplikasi [C:\Program files\Internet Explorer\Iexplore.exe]
Reaksi:
Posted by Arif Purnama On 08.32.00 No comments

0 komentar:

Posting Komentar

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube