Minggu, 23 Oktober 2011

Seperti yang kita tahu, proses instalasi windows adalah kegiatan yang membosankan dan memboroskan waktu. Tapi walau bagaimanapun instal ulang windows harus kita lakukan karena berbagai macam alasan, misalnya, komputer menjadi lambat karena terserang virus atau terlalu seringnya kita mencoba software baru atau trial atau bahkan karena satu dan lain hal, komputer kita tidak jalan karena windowsnya error.
Mungkin hal itu tidak terlalu jadi masalah kalau memang waktu kita sedang longgar, tapi kalau kerjaan lagi numpuk dan deadline sudah didepan mata, waaah.. bisa jadi cerita horror tuh.. Mending kalo yang main horornya si sexy Julia Perez a.k.a. Jupe yang lagi rame dengan foto panasnya bersama Gaston Castano..
Hehehe.. Kok jadi ikutan ngegossip shi..
Okey, kembali ke laptop..
Kali ini, Babeh akan mencoba berbagi sedikit trik jadul cara cepat install windows atau lebih tepatnya “cara cepat install ulang windows” yang masih sering Babeh pakai sejak masa jayanya Windows 98 dulu, siapa tahu masih ada gunanya.. Hehe..
Sebelumnya, kita perlu melakukan langkah-langkah persiapan sebagai berikut:
  1. Install Windows lengkap dengan driver dan software-software yang sering digunakan atau gunakan Windows yang sudah terinstall di komputer anda. Jangan lupa, optimasi dulu instalasi windows tersebut dan pastikan bebas virus agar kita punya backup windows yang bener-bener optimal dan siap kerja.
  2. Siapkan Bootable CD atau Disket DOS.
  3. Siapkan software clonning harddisk, misalnya, norton ghost (lebih baik yang versi lama, versi 11 atau yang lebih lama).
Langkah-langkah backup windows:
  1. Lakukan booting ke DOS
  2. Jalankan software norton ghost
  3. Pilih local > partition > To Image
  4. Pilih Source Drive lalu klik OK
  5. Pilih Source Partition (partisi windows yang akan kita backup) lalu klik OK
  6. Pilih Partisi yang akan kita gunakan untuk menyimpan file backup kita, ketikkan nama file backup kita, lalu klik Save.
  7. Setelah itu akan muncul kotak konfirmasi yang menanyakan apakah kita akan mengkompress file backup kita ataukah tidak. Pilih No jika memang kapasitas hardisk kita masih cukup banyak atau pilih fast atau high untuk menghemat kapasitas hardisk kita.
Tunggu proses backup tersebut sampai selesai, biasanya sekitar 5-10 menit, tergantung kecepatan hardisk dan besarnya file yang ada di partisi windows yang kita backup.
Langkah-langkah me-restore windows dari backup yang kita buat:
  1. Booting lewat DOS
  2. Jalankan norton ghost
  3. Pilih local > partition > From Image
  4. Pilih File Image atau Backup yang telah kita buat tadi.
  5. Pilih Source Partition lalu klik OK
  6. Pilih Destination Drive (Drive Tujuan) lalu klik OK
  7. Pilih Destination Partition (partisi tujuan tempat kita akan merestore backup kita tsb) lalu klik OK
  8. Selanjutnya akan muncul kotak konfirmasi apakah kita akan melanjutkan proses restorasi tsb. Pastikan langkah anda benar karena partisi tujuan akan terhapus dan isinya akan digantikan dengan backup yang kita buat tadi. Kalau sudah yakin, klik Yes dan tunggu hingga prosesnya selesai.
Taaa..daa.. dalam waktu 5-10 menit, windows kita yang fresh dan optimal sudah siap digunakan lagi.
Mudah bukaan?
Kalau masih ada yang bingung, Babeh udah siapin tutorial bergambar a.k.a versi komik-nya biar mudah dipahami. Silakan diunduh disini.
catatan:
Langkah restorasi diatas tidak harus anda lakukan sekarang tapi tidak ada salahnya dicoba untuk memastikan apakah backup anda sudah sempurna. Untuk lebih amannya, anda bisa mencoba me-restore backup anda pada primary partition yang lain
Reaksi:
Posted by Arif Purnama On 10.10.00 No comments

0 komentar:

Posting Komentar

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube