Minggu, 29 Januari 2012

Untuk memasang sebuah peranti Bluetooth, anda hanya perlu mengkonekkannya. Microsoft Windows XP Service Pack 2 (SP2) memiliki banyak driver untuk peranti Bluetooth. Jika Windows tidak mengenali sebuah peranti Bluetooth, anda tetap bisa menggunakannya memakai software generic yang didukung Windows, atau anda bisa menggunakan driver yang disediakan oleh pembuatnya. Untuk menambahkan sebuah peranti Bluetooth pada komputer anda, gunakan Add Bluetooth Device Wizard. Untuk mengatur koneksi sebuah Bluetooth, gunakan item Bluetooth Devices dalam Control Panel.

Anda bisa menggabungkan sebuah jaringan ad hoc di antara peranti Bluetooth menggunakan Personal Area Networking (PAN). Ketika menggunakan PAN, komputer anda dan peranti Bluetooth menggunakan jaringan TCP/IP untuk berkomunikasi. Jika anda mempunyai sebuah peranti Bluetooth yang mendukung dial-up networking, anda bisa menggunakannya sebagai modem. Anda bisa menggunakan Add Printer Wizard untuk memakai printer Bluetooth secara tanpa kabel. Akhirnya, anda bisa mentransfer file di antara komputer yang Bluetooth-ready atau peranti dengan menggunakan Bluetooth. Artikel ini membahas langkah-langkah untuk melakukan pekerjaan tersebut.

PENGANTAR
Artikel ini menjelaskan bagaimana memasang dan mengatur sebuah peranti Bluetooth...


Artikel ini menjelaskan bagaimana memasang dan mengatur sebuah peranti Bluetooth pada Microsoft Windows XP Service Pack 2 (SP2).

Catatan Jika anda memasang sebuah adapter Bluetooth yang tidak didukung oleh Windows XP SP2, ikuti saran yang disediakan oleh pembuat adapter Bluetooth tersebut.

Memasang sebuah adapter Bluetooth yang berada dalam daftar adapter yang didukung oleh Microsoft Windows XP Service Pack 2 (SP2) hanyalah soal menghubungkan perantinya. Tidak ada pengaturan yang diperlukan sebelum anda membuat koneksi.

Ketika anda memasang sebuah adapter Bluetooth yang didukung pada Windows XP SP2, adapter tersebut akan menjadi aktif bersama-sama dengan komponen Microsoft berikut ini:
  • Microsoft Bluetooth Enumerator
    Komponen ini menampilkan informasi tentang peranti Bluetooth dan kemampuannya.
  • Bluetooth Device (Personal Area Network)
    Driver ini mendukung koneksi Personal Area Network (PAN) di antara peranti.
  • Bluetooth Device (RFCOMM Protocol Transport Driver Interface [TDI])
    Komponen ini mendukung dial-up networking (DUN). Juga mendukung jenis koneksi lain antara peranti.
  • Bluetooth Support Service (BthServ)
    Layanan ini merawat dan mengupdate informasi pasangan peranti. Juga melakukan fungsi lain yang berkaitan dengan fitur Bluetooth.
Komponen-komponen ini tersedia pada Device Manager setelah anda memasang adapter Bluetooth. Driver-driver dan komponen-komponen yang lain juga diisntal.

INFORMASI LEBIH LANJUT
Dukungan radio Bluetooth Jika anda mengkoneksikan sebuah adapter Bluetooth ke ko...


Dukungan radio Bluetooth

Jika anda mengkoneksikan sebuah adapter Bluetooth ke komputer yang tidak dikenal Windows, Windows XP SP2 mungkin menyediakan dukungan software generik. Jika anda mengalami permasalahan dengan dukungan software generik, anda bisa memasang driver yang disediakan pihak ketiga yang dibawa oleh adapter Bluetooth.

Untuk informasi lebih lanjut tentang driver radio Bluetooth yang tersedia pada Windows XP SP2, klik nomor artikel berikut ini untuk melihat artikel dari Microsoft Knowledge Base:
841803  (http://support.microsoft.com/kb/841803/ ) Daftar driver radio Bluetooth yang tersedia pada Windows XP Service Pack 2

Pengaturan dan peranti

Anda bisa menggunakan item Bluetooth Devices dalam Control Panel untuk mengatur Bluetooth. Dengan menggunakan Bluetooth Devices, anda bisa melakukan salah satu atau lebih dari yang berikut ini:
  • Menambahkan dan menghapus sebuah peranti.
  • Menampilkan properti peranti.
  • Mengubah pilihan-pilihan pada Bluetooth.
  • Menambahkan sebuah port COM.
 Pada Bluetooth Devices, tab Devices menampilkan semua peranti yang sekarang ada pada komputer. Dengan menggunakan tab Devices, anda bisa menambahkan sebuah peranti, menghapus sebuah peranti, atau menampilkan properti peranti.

Properti Peranti

Jika anda menampilkan properti sebuah peranti Bluetooth, anda akan melihat informasi sebagai berikut:
  • Jenis peranti
  • Alamat hardware dari adapter Bluetooth
  • Tanggal dan waktu koneksi terakhir
  • Informasi apakah sebuah passkey digunakan untuk memasangkan peranti
 Anda bisa juga mengubah nama yang digunakan Windows untuk peranti. Perubahan ini juga mempengaruhi nama yang digunakan oleh Bluetooth File Transfer Wizard dan Add Modem.

Tab Services menampilkan informasi tentang layanan yang didukung oleh peranti. Sebagai contoh, ketika sebuah telepon Bluetooth atau sebuah personal digital assistant (PDA) dikoneksikan ke komputer, tab ini mungkin menampilkan port COM yang tersedia untuk sinkronisasi. Tab ini mungkin juga menampilkan koneksi jaringan Internet dial-up. Anda bisa juga memilih layanan yang ingin anda gunakan.

Pilihan-pilihan

Tab Options pada Bluetooth Devices menyediakan pilihan-pilihan untuk mengontrol bagaimana peranti ditemukan dan dihubungkan ke komputer. Pilihan utama adalah Turn discovery on. Pilihan ini membolehkan peranti menemukan komputer anda sehingga anda bisa membuat sebuah koneksi.

Pilihan-pilihan lain pada tab ini adalah sebagai berikut:
  • Allow Bluetooth devices to connect to this computer
    Kotak cek ini mengontrol apakah setiap peranti boleh melakukan koneksi ke komputer anda. Jika kotak cek ini tidak ditandai, tidak satu pun peranti yang bisa konek ke komputer anda.
  • Alert me when a new Bluetooth device wants to connect
    Pilihan ini mengontrol apakah anda akan menerima pesan ketika sebuah peranti mencoba melakukan koneksi ke komputer anda. Jika kotak cek ini tidak ditandai, anda tidak akan mendapatkan pesan notifikasi.
Pilihan lain pada tab Options membolehkan anda menampilkan atau menyembunyikan ikon Bluetooth pada area notifikasi dan mengembalikan pengaturan asli.

Penemuan
Biasanya, komputer anda yang sudah Bluetooth-enabled akan menemukan peranti-peranti lainnya. Dengan demikian, anda hanya perlu mengaktifkan pilihan Turn discovery on ketika komputer anda bertindak sebagai sebuah peranti. Sebagai contoh, anda mungkin ingin mengaktifkan pilihan ini ketika komputer anda terkoneksi ke komputer lain melalui Personal Area Network (PAN). Ketika komputer anda terkoneksi dengan sebuah PAN, salah satu komputer haruslah bisa ditemukan.

Secara default, penemuan tidak diaktifkan pada Windows XP SP2, karena peranti Bluetooth yang bisa ditemukan mungkin kurang aman dibandingkan sebuah peranti yang tidak bisa ditemukan. Kami menyarankan agar anda tetap mengosongkan kotak cek Turn discovery on kecuali anda ingin peranti Bluetooth lain menemukan komputer anda. Ketika koneksi sudah dilakukan, Add Device Wizard akan mematikan penemuan secara otomatis.

Menambahkan sebuah port COM

Anda bisa menambahkan sebuah port masuk yang menerima koneksi dari sebuah peranti Bluetooth, atau anda bisa menambahkan sebuah port keluar yang membuat koneksi ke sebuah peranti Bluetooth. Untuk konek ke sebuah peranti Bluetooth menggunakan sebuah port COM, ikuti langkah-langkah berikut ini:
  1. Gunakan pilihan konfigurasi port pada Device Manager untuk mengatur konfigurasi port COM.

    Untuk rate data yang benar serta pengaturan lainnya, lihat dokumentasi program yang ingin anda gunakan pada koneksi tersebut.
  2. Atur port COM pada program ke nomor port yang dicantumkan pada halaman terakhir Add Bluetooth Device Wizard.

    Nomor port ini juga dicantumkan pada tab COM Ports pada Bluetooth Devices.
Peranti Bluetooth yang menggunakan port COM membutuhkan program yang khusus pada komputer anda. Program ini biasanya datang bersama dengan perantinya. Anda bisa juga memperoleh program ini dari pembuat peranti. Untuk mengatur program anda menggunakan sebuah port COM, ikuti instruksi dalam dokumentasi program.

Hardware

Tab Hardware pada Bluetooth Devices mencantumkan peranti Bluetooth yang terpasang pada komputer anda. Daftar ini sama dengan yang dicantumkan pada kategori Bluetooth Radios pada Device Manager. Ketika anda memilih sebuah peranti dalam daftar dan mengklik Properties, anda akan melihat properti peranti sebagaimana anda melihatnya pada Device Manager.

Menambahkan sebuah peranti

Ketika anda menambahkan sebuah peranti Bluetooth ke komputer anda, informasi alamat akan dipertukarkan. Kadang-kadang, kunci akses juga dipertukarkan. Proses ini dikenal sebagai pairing atau bonding dua peranti. Ketika anda menambahkan sebuah peranti, salah satu dari peranti tersebut harus bisa ditemukan. Beberapa peranti membolehkan anda mengaktifkan dan menonaktifkan penemuan, dan beberapa peranti lain selalu bisa ditemukan. Sebagai contoh, beberapa peranti mouse selalu bisa ditemukan.

Ketika anda menggunakan Bluetooth untuk mengkoneksikan dua buah komputer, komputer yang ditambahkan sebagai peranti harus bisa ditemukan. Anda bisa mengaktifkan penemuan dengan menggunakan tab Options pada Bluetooth Devices.

Langkah-langkah yang dilakukan pada komputer

Untuk menambahkan sebuah peranti, ikuti langkah-langkah berikut ini pada komputer anda:
  1. Klik Start, klik Run, ketik bthprops.cpl, lalu klik OK.
  2. Pada Bluetooth Settings, klik Add.
  3. Pada Add Bluetooth Device Wizard, klik untuk menandai kotak cek My device is set up and ready to be found, lalu klik Next.

    Catatan Anda tidak bisa mengklik Next  sebelum anda memilih My device is set up and ready to be found. Sebuah peranti yang penemuannya dimatikan tidak bisa dideteksi selama pencarian.

    Ketika anda mengklik Next, komputer anda kan mencari semua peranti yang bisa ditemukan di dalam jangkauannya. Ketika pencarian selesai, peranti-peranti akan muncul dalam wizard.
  4. Pilih peranti yang ingin ditambahkan, lalu klik Next.

    Setelah anda memilih peranti untuk ditambahkan, anda bisa memasukkan sebuah passkey untuk peranti tersebut. Passkey adalah sebuah kode yang digunakan untuk mengontrol akses ke peranti. Penggunaan passkey akan meningkatkan keamanan koneksi anda. Namun demikian, peranti yang anda tambahkan mungkin saja tidak membutuhkan sebuah passkey.
Ketika anda memasukkan passkey, komputer anda akan mencoba melakukan koneksi ke peranti untuk memverifikasi passkey. Ketika anda melakukan koneksi ke komputer lain, anda akan menerima pesan bahwa komputer sedang berusaha untuk membuat koneksi.

Langkah-langkah yang dilakukan pada peranti

Ketika anda selesai menjalankan langkah-langkah pada komputer, masukkan passkey pada peranti Bluetooth. Jika peranti tersebut adalah sebuah komputer lain, komputer tersebut akan menampilkan pesan bahwa anda sedang meminta koneksi. Ikuti langkah-langkah berikut ini pada komputer yang anda tambahkan sebagai peranti Bluetooth:
  1. Klik pesan yang mengatakan anda sedang meminta koneksi.

    Add Bluetooth Device Wizard akan muncul dan menyediakan sebuah field untuk memasukkan passkey.
  2. Masukkan passkey. Anda bisa juga memilih agar passkey dibuatkan untuk anda.
Ketika passkey sudah diverifikasi, pembuatan koneksi selesai. Peranti tersebut sekarang terlihat pada komputer anda. Jika peranti tersebut adalah sebuah komputer lain, nama komputernya akan terlihat pada komputer pertama.
Pada halaman terakhir Add Bluetooth Device Wizard, anda bisa menonaktifkan penemuan untuk komputer yang anda tambahkan sebagai peranti. Aslinya, pilihan untuk mematikan penemuan terseleksi sehingga komputer tersebut tidak selalu bisa ditemukan sepanjang waktu.

Setelah peranti ditambahkan

Setelah sebuah peranti ditambahkan, peranti tersebut akan tampak pada Bluetooth Devices. Anda bisa melihat properti peranti untuk mengetahui layanan yang tersedia, mengubah nama peranti tersebut, atau untuk mendapatkan informasi lainna. Anda bisa juga mengaktifkan koneksi.

Bergabung ke Personal Area Network

Personal Area Networking (PAN) menyediakan jaringan ad hoc antara peranti-peranti Bluetooth. Semua peranti yang ingin anda masukkan ke dalam jaringan harus mendukung PAN untuk membuat sebuah jaringan PAN. untuk bergabung ke sebuah jaringan PAN, anda bisa menggunakan salah satu dari cara berikut ini:
  • Klik opsi Join a Personal Area Network pada menu ikon taskbar Bluetooth.
  • Klik-ganda ikon Bluetooth Network Connection pada item Network Connections dalam Control Panel.
  • Klik View Bluetooth network devices pada pane Network Tasks dalam Network Connections.
Setiap cara di atas akan membuka kotak dialog Bluetooth Personal Area Network Devices. Kotak dialog ini akan menampilkan daftar peranti yang bisa anda koneksi. Anda bisa juga menambahkan dan menghapus peranti dari daftar ini menggunakan pilihan pada bagian bawah kotak dialog.

Untuk membuat sebuah koneksi, klik peranti yang ingin anda koneksi, lalu klik Connect. Ketika koneksi terjadi, jaringan TCP/IP tersedia antara komputer anda dan peranti lain. (Jika anda mengklik sebuah peranti yang sudah anda koneksi, tombol Connect akan menjadi tombol Disconnect.)

Catatan Jika kedua peranti PAN dalam sebuah koneksi adalah komputer berbasis Windows XP, koneksi tersebut adalah koneksi point-to-point, dan anda tidak bisa menggunakan salah satu komputer sebagai router ke local area network (LAN) atau ke Internet. Untuk melakukan ini, anda membutuhkan sebuah network access point (NAP).

Windows menggunakan Automatic Private IP Addressing (APIPA) untuk memberi alamat pada komputer dalam sebuah jaringan ad hoc. Ketika APIPA digunakan, Dynamic Host Configuration Protocol (DHCP) tidak diperlukan. Untuk melihat alamat APIPA, ketik ipconfig pada command prompt, lalu tekan ENTER. Anda kan menerima hasil yang hampir sama dengan berikut ini:
Ethernet adapter Bluetooth Network Connection:
        Connection-specific DNS Suffix  . :
        Autoconfiguration IP Address. . . : 169.254.143.66
        Subnet Mask . . . . . . . . . . . : 255.255.0.0
        Default Gateway . . . . . . . . . :
Tab General pada kotak dialog Status menunjukkan kecepatan koneksi dan informasi paket transmisi koneksi. Tab Support sama seperti untuk koneksi lainnya. Dengan menggunakan tab Support, anda bisa melihat informasi alamat IP, detil koneksi, atau memperbaiki koneksi.

Menambahkan modem

Pada Windows XP SP2, anda bisa menambahkan sebuah peranti Bluetooth yang mendukung dial-up networking sebagai modem. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah sebagai berikut:
  1. Klik Start, klik Run, ketik telephon.cpl, lalu klik OK.
  2. Pada tab Modems, klik Add.

    Kotak dialog Select Bluetooth Device muncul.
  3. Klik untuk memilih sebuah piranti Bluetooth sebagai modem.
Jika anda mengkonfigurasi Windows untuk mendeteksi modem selama sebuah adapter Bluetooth terkoneksi, Windows akan otomatis membuka Select Bluetooth Device jika sebuah peranti Bluetooth yang mendukung dial-up networking terdeteksi.

Setelah anda memilih sebuah peranti, anda bisa mengkonfigur peranti tersebut menggunakan Phone and Modem Options. Untuk konek ke Internet, anda bisa membuat sebuah koneksi baru dalam folder Network Connections.

Catatan tentang dukungan modem


  • Windows XP secara otomatis akan membuat sebuah passkey untuk koneksi antara telepon mobile dan komputer. Anda bisa menggunakan passkey ini atau memasukkan passkey anda sendiri. Passkey bisa terdiri dari 16 karakter. Passkey harus dimasukkan dalam tempo 30 detik, kalau tidak maka otentifikasi akan gagal.
  • Beberapa telepon mobile sudah mempunyai passkey. Jika telepon anda memiliki passkey, masukkan passkey tersebut pada Bluetooth Connection Wizard. 
  • Bluetooth bukanlah teknologi wireless yang aman. Data anda mungkin akan terlihat oleh peranti atau komputer lain dalam jangkauan. 
  • Jika telepon mobile anda tidak mendukung dial-up networking, anda tidak bisa memasang telepon tersebut menggunakan Add Hardware Wizard. Untuk memasang telepon tersebut gunakan Bluetooth Devices.
  • Ketika sebuah telepon mobile terkoneksi sebagai modem, akan tampak dalam Device Manager sebagai sebuah modem.

Menambahkan printer

Windows XP SP2 mendukung printer Bluetooth. Anda bisa menggunakan Add Printer Wizard untuk mengakses fitur printer. Untuk menjalankan Add Printer Wizard, klik Start, klik Printers and Faxes, lalu klik Add a printer.

Ketika anda memilih A Bluetooth printer dalam Add Printer Wizard, komputer anda akan mencari printer Bluetooth. Ketika komputer menemukan sebuah printer, anda bisa memilihnya untuk dipasang. Untuk memasang printer, anda harus memasang driver untuk printer tersebut, sama seperti yang anda lakukan untuk jenis printer lainnya.

Ketika printer terpasang, port printer tersebut tampak sebagai sebuah port virtual printer Bluetooth pada tab Ports pada kotak dialog Properties printer.

Mentransfer file

Anda bisa mentransfer sebuah file di suatu saat antara komputer anda dan peranti Bluetooth lain menggunakan Bluetooth File Transfer Wizard. Sebagai contoh, anda bisa mentransfer file antara komputer anda dan sebuah telepon mobile atau sebuah PDA. Anda bisa juga mentransfer file antara dua buah komputer menggunakan Bluetooth.

Mengirim file

Untuk mengirim sebuah file ke komputer lain, ikuti langkah-langkah sebagai berikut:
  1. Klik Start, klik Run, ketik %windir%\system32\fsquirt.exe, lalu klik OK.
  2. Pada halaman Do you want to send or receive a file? dari Bluetooth File Transfer Wizard, klik Send a file, lalu klik Next.
  3. Pada halaman Select where you want to send the file, klik Browse, klik komputer atau peranti yang ingin anda kirimi, lalu klik Next.

    Catatan
     Pilihan Use a passkey tidak tersedia jika koneksi anda ke peranti lain tersebut sudah menggunakan sebuah passkey.
  4. Pada halaman Select the file you want to send, klik Browse, lalu pilih file yang ingin anda kirim.

    Catatan Anda hanya bisa mengirim sebuah file pada suatu saat. Jangan klik Next sebelum anda menentukan peranti penerima yang akan menerima file. Jika peranti penerima tidak siap untuk menerima file, transfer akan gagal.
  5. Jika komputer atau peranti penerima siap untuk menerima file, klik Next.

Menerima file

Untuk menerima file dari komputer lain, ikuti langkah-langkah sebagai berikut:
  1. Klik Start, klik Run, ketik %windir%\system32\fsquirt.exe, lalu klik OK.
  2. Pada Bluetooth File Transfer Wizard, klik Receive a file, lalu klik Next.

    Anda akan menerima pesan "Windows is waiting to receive the file".
  3. Pada komputer pengirim, klik Next untuk memulai transfer.

    Catatan Selama proses transfer, baris progress tampak pada komputer pengirim. Ketika anda mentransfer file ke komputer berbasis Windows XP, baris progress tampak juga pada Bluetooth File Transfer Wizard.
  4. Pada halaman Save the received file, ketika nama file pada kotak File name, klik Browse untuk memilih lokasi penyimpanan file, lalu klik Next.
sumber:::http://support.microsoft.com/kb/883259/id-id
Posted by Unknown On 12.07.00 No comments

0 komentar:

Posting Komentar

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube