Sabtu, 15 Oktober 2011


Menginstal layanan DHCP

Anda dapat menginstal DHCP selama atau setelah instalasi awal Windows 2000 Server atau Advanced Server, meskipun harus bekerja DNS di lingkungan. Untuk memvalidasi DNS server, klik Mulai, klik Menjalankan, jenis cmd, tekan ENTER, ketik ping ramah nama server DNS yang ada di lingkungan Anda, kemudian tekan ENTER. Balasan gagal menghasilkan "Host tidak diketahui saya Nama server DNS"pesan.

Untuk menginstal layanan DHCP pada ada Windows 2000 Server:
  1. Klik Mulai, klik Tataan, lalu klik Control Panel.
  2. Klik dua kali Tambah/Hapus Program, lalu klik Menambahkan/menghapus komponen Windows.
  3. Dalam Wisaya Komponen Windows, klik Layanan jaringan dalam Komponen kotak, dan kemudian klik Rincian.
  4. Klik untuk memilih Protokol Konfigurasi Tuan Rumah Dinamis (DHCP) kotak centang Jika belum dipilih, dan kemudian klik Oke.
  5. Dalam Wisaya Komponen Windows, klik Berikutnya untuk mulai menjalankan penataan Windows 2000. Masukkan Windows 2000 Advanced Server CD-ROM ke dalam pengandar CD-ROM jika Anda diminta untuk melakukannya. Konfigurasi menyalin DHCP server dan alat file ke komputer Anda.
  6. Setelah Setup selesai, klik Menyelesaikan.
Kembali ke atas

Konfigurasi DHCP layanan

Setelah Anda menginstal dan menjalankan layanan DHCP, Anda harus membuat ruang lingkup (kisaran alamat IP yang valid yang tersedia untuk sewa untuk klien DHCP). Setiap server DHCP di lingkungan Anda harus memiliki setidaknya satu lingkup yang tidak sama dengan setiap lain DHCP server lingkup di lingkungan Anda. Pada Windows 2000, server DHCP dalam Active Directory domain lingkungan harus diizinkan untuk mencegah nakal server DHCP dari datang online dan otorisasi DHCP Server.

Ketika Anda menginstal dan mengkonfigurasi layanan DHCP pada kontroler domain, server biasanya berwenang pertama kalinya bahwa Anda menambahkan server DHCP konsol. Namun, bila Anda menginstal dan mengkonfigurasi layanan DHCP pada server anggota, Anda perlu untuk mengotorisasi DHCP server.

Catatan Server DHCP berdiri sendiri tidak berwenang terhadap ada Windows Active Directory.

Untuk mengotorisasi DHCP server:
  1. Klik Mulai, klik Program, klik Alat administratif, lalu klik DHCP.

    Catatan Anda harus log on ke server dengan account yang merupakan anggota dari grup Administrator Enterprise.
  2. Pada pohon konsol dari DHCP snap-in, pilih server DHCP baru. Jika ada panah merah di sudut kanan bawah dari objek server, server belum belum disahkan.
  3. Klik kanan server, dan kemudian klik Otorisasi.
  4. Setelah beberapa saat, klik-kanan server lagi dan kemudian klik Refresh. Server harus menampilkan panah hijau di sudut kanan bawah untuk menunjukkan bahwa server telah resmi.
Untuk membuat ruang lingkup baru:
  1. Klik Mulai, klik Program, arahkan ke Alat administratif, lalu klik DHCP.

    Catatan Pada pohon konsol, pilih server DHCP yang Anda ingin untuk membuat baru lingkup DHCP.
  2. Klik kanan server, dan kemudian klik Lingkup baru. Dalam lingkup baru Wizard, klik Berikutnya, kemudian ketik nama dan deskripsi untuk lingkup. Ini bisa menjadi nama apapun yang Anda pilih, tetapi harus cukup deskriptif untuk mengidentifikasi tujuan lingkup pada jaringan Anda. Sebagai contoh, Anda mungkin menggunakan administrasi bangunan klien alamat.
  3. Ketik kisaran alamat yang dapat disewa sebagai bagian dari lingkup ini, misalnya, awal alamat IP 192.168.100.1 ke alamat berakhir 192.168.100.100. Karena alamat ini diberikan kepada klien, mereka harus semua alamat yang valid untuk jaringan Anda dan tidak sedang digunakan. Jika Anda ingin menggunakan berbeda subnet mask, ketik subnet mask baru. Klik Berikutnya.
  4. Ketik setiap alamat IP yang ingin Anda mengecualikan dari kisaran yang Anda masukkan. Ini termasuk alamat yang mungkin telah statis ditetapkan untuk berbagai komputer dalam organisasi Anda. Klik Berikutnya.
  5. Jenis jumlah hari, jam dan menit sebelum sewa alamat IP dari lingkup ini berakhir. Hal ini menentukan waktu yang lama bahwa klien dapat menyimpan alamat sewa tanpa memperbaharui itu. Klik Berikutnya untuk memilih Ya, saya ingin mengkonfigurasi opsi ini sekarang, dan kemudian memperluas untuk pengaturan untuk DHCP opsi-opsi umum. Klik Berikutnya.
  6. Ketik alamat IP gateway default yang harus digunakan oleh klien yang mendapatkan alamat IP dari lingkup ini. Klik Tambahkan untuk alamat gateway default ke dalam daftar, dan kemudian klik Berikutnya.

    Catatan Ketika server DNS sudah ada pada jaringan Anda, ketik nama domain organisasi Anda di Orangtua domain. Ketik nama DNS server, dan kemudian klik Menyelesaikan untuk memastikan bahwa server DHCP Anda dapat menghubungi DNS server dan menentukan alamat nya. Kemudian klik Tambahkan untuk memasukkan server dalam daftar server DNS yang ditugaskan untuk klien DHCP. Klik Berikutnya.
  7. Klik Ya, saya ingin mengaktifkan lingkup ini sekarang, untuk mengaktifkan lingkup dan memungkinkan klien untuk mendapatkan sewa dari itu, dan kemudian klik Berikutnya. Klik Menyelesaikan.
Kembali ke atasPemecahan Masalah

  • Klien tidak mampu mendapatkan alamat IP
    Jika klien DHCP tidak memiliki alamat IP yang dikonfigurasi, hal ini biasanya berarti bahwa klien tidak akan bisa untuk menghubungi DHCP server. Ini adalah salah karena masalah jaringan atau karena DHCP server tidak tersedia. Jika DHCP server telah dimulai dan klien lain telah mampu mendapatkan alamat yang valid, verifikasi bahwa klien memiliki koneksi sah dan bahwa semua terkait perangkat keras klien (termasuk kabel dan adapter jaringan) bekerja dengan baik.
  • DHCP server tidak tersedia
    Ketika DHCP server tidak memberikan alamat sewaan untuk klien, hal ini sering karena layanan DHCP telah gagal untuk memulai. Jika hal ini terjadi, server mungkin tidak memiliki telah diizinkan untuk beroperasi pada jaringan. Jika Anda mampu sebelumnya untuk memulai layanan DHCP, tetapi sejak itu dihentikan, menggunakan Peraga Peristiwa untuk memeriksa log sistem untuk setiap entri yang dapat menjelaskan penyebab.

    Catatan Untuk me-restart layanan DHCP, klik Mulai, klik Menjalankan, jenis cmd, kemudian tekan ENTER. Jenis net start dhcpserver, kemudian tekan ENTER.
Reaksi:
Posted by Arif Purnama On 09.25.00 No comments

0 komentar:

Posting Komentar

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube